Pendidikan Di Persimpangan: Membangun AksesDan Kualitas Di Tengah Ketimpangan Sosial Di Indonesia
Pendidikan Di Persimpangan: Membangun AksesDan Kualitas Di Tengah Ketimpangan Sosial Di Indonesia
Keywords:
pendidikan, kualitas guru, kurikulum, ketimpangan sosial, IndonesiaAbstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa, baik dari segi sosial, ekonomi, maupun politik. Namun, di Indonesia, tantangan rendahnya kualitas pendidikan, terutama di daerah terpencil, masih menjadi isu serius yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, termasuk ketimpangan akses, rendahnya kualitas guru, kurikulum yang tidak relevan, serta pengaruh faktor sosial ekonomi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, dengan menganalisis berbagai literatur ilmiah dari jurnal, laporan pemerintah, serta data dari organisasi internasional. Temuan menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan yang lebih inklusif, distribusi guru yang lebih merata, serta revisi kurikulum yang adaptif diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan perlu bekerja sama untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih merata dan berkualitas.
Downloads
References
Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98.
Becker, G. S. (1964). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis with Special Reference to Education. Chicago: University of Chicago Press.
Bourdieu, P. (1977). Cultural reproduction and social reproduction. In J. Karabel & A. H. Halsey (Eds.), Power and Ideology in Education (pp. 487-510). New York: Oxford University Press.
Coleman, J. S. (1966). Equality of educational opportunity (Coleman Report). Washington D.C.: U.S. Department of Health, Education, and Welfare.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236-243.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Technoscience

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
UPPM POLGRI